
Injil Priode NeoOrthodox
Apa yang ditulis James Barr sendiri adalah:
"Kalau kita tidak berusaha mencari penjelasan yang logis-akaliah tentang status Alkitab di gereja masa kini, maka alternatifnya adalah hanya dua:
a. Kita meninggalkan konsep "status Alkitab yang istimewa" itu sama sekali, serta mengaku bahwa soal itu tidak penting lagi; atau
b. Kita tetap menegaskan bahwa Alkitab masih mempunyai status-unik seperti pada jaman dahulu kala; walaupun kita tidak sanggup mendukung keyakinan itu dengan argumentasi-argumentasi yang logis-akaliah, melainkan hanya dengan desakan bahwa bagi kita Alkitab memang berstatus demikian."
Gerakan Neo-orthodox
Teologia pada waktu itu umumnya secara kuat menekankan Alkitab. Penekanan tersebut menonjol dalam gerakan yang sering disebut gerakan "neo-orthodox," yang dipelopori oleh Karl Barth. Gerakan neo-orthodox itu mulai segera setelah perang dunia I dan begitu berkembang, sehingga pada akhir perang dunia II, sudah berpengaruh sekali.
"Kalau kita tidak berusaha mencari penjelasan yang logis-akaliah tentang status Alkitab di gereja masa kini, maka alternatifnya adalah hanya dua:
a. Kita meninggalkan konsep "status Alkitab yang istimewa" itu sama sekali, serta mengaku bahwa soal itu tidak penting lagi; atau
b. Kita tetap menegaskan bahwa Alkitab masih mempunyai status-unik seperti pada jaman dahulu kala; walaupun kita tidak sanggup mendukung keyakinan itu dengan argumentasi-argumentasi yang logis-akaliah, melainkan hanya dengan desakan bahwa bagi kita Alkitab memang berstatus demikian."
Gerakan Neo-orthodox
Teologia pada waktu itu umumnya secara kuat menekankan Alkitab. Penekanan tersebut menonjol dalam gerakan yang sering disebut gerakan "neo-orthodox," yang dipelopori oleh Karl Barth. Gerakan neo-orthodox itu mulai segera setelah perang dunia I dan begitu berkembang, sehingga pada akhir perang dunia II, sudah berpengaruh sekali.
Titik penekanannya adalah pada isi Alkitab. Bahan pergumulannya ialah Allah Alkitab, Allah yang menyatakan Diri sebagaimana Dia berada, Allah orang Israel, konsep-konsep dan pemikiran Alkitab. Dengan penekanan-penekanan yang demikian, gerakan neo-orthodox itu kembali kepada prinsip-prinsip Reformasi yang sangat dihormatinya. Gerakan baru itu menolak pola-pola teologia yang disebut "liberal." Alasannya ialah bahwa: teologia liberal itu merupakan usaha manusiawi, yang menjadikan Allah serupa dan segambar dengan manusia, serta memberikan penekanan yang kuat sekali kepada kebudayaan manusia, hakekat manusia, dan cara berpikir manusia.
Gerakan neo-orthodox itu menekankan bahwa iman mulai dengan Allah yang bersabda, dan Alkitablah yang menyaksikan Allah itu. Ada banyak orang, terutama di kalangan-kalangan yang berbahasa Inggris, yang tidak dapat menyetujui argumentasi-argumentasi khas yang dikemukakan teolog-teolog seperti Karl Barth.Pengaruh gerakan neo-orthodox itu tidak nampak dalam bentuk konkrit dan agak bersifat umum, namun cukup besar juga. Atau mungkin lebih tepat kalau kita berbicara bukan tentang pengaruh ke-neo-orthodox-an itu pada teologia secara keseluruhan, melainkan bahwa ke-neo-orthodox-an itu merupakan suatu gejala khas dari pada kecenderungan yang tersebar luas di seluruh bidang teologia Kristen.
Ciri-ciri keneo-orthodoxan
a. Unsur polemik terhadap fundamentalisme
Tetapi menjelang akhir perang dunia II, ada kesan bahwa kesulitan-kesulitan itu sudah mulai teratasi. Penekanan pada Alkitab yang menjadi ciri-khas dari pada teologia baru itu, tidaklah identik dengan fundamentalisme atau obskurantisme. Sebaliknya teologia neo-orthodox itu dianggap oleh penganut-penganutnya sebagai teologia yang sesuai dengan metode-metode research yang modern, yaitu penelitian historis. Bahkan gerakan baru yang kembali menekankan kewibawaan Alkitab ini justeru mengandung suatu polemik terhadap fundamentalisme, terhadap konservatisme yang bersifat biblisistik. Karena gerakan neo-orthodox itu beranggapan bahwa kaum fundamentalis memanglah mempertahankan konsep kewibawaan Alkitab secara lahiriah, namun gagal dalam menyadari dan meresapi logika-intern dari pada Alkitab sendiri. Jadi sejajar dengan pengritikannya terhadap teologia liberal yang telah mendahuluinya, gerakan neo-orthodox itu bercita-cita untuk menghargai kewibawaan Alkitab sambil mengaku-sah pendekatan kritis terhadap Alkitab. Sikap berpegang kepada Alkitab dianggap bukan sikap yang kolot, melainkan justeru sikap yang baru yang membebaskan, malah yang revolusioner.
b. Alkitab dipandang sebagai keseluruhan
Salah satu aspek dari cara-berpikir Neo Orthodox, ialah desakannya bahwa Alkitab dapat dan bahkan harus didekati secara keseluruhan. Penekanan yang demikian merupakan reaksi terhadap teologia liberal, yang sering memberi kesan seolah-olah memutlakkan satu unsur dari isi Alkitab. Misalnya, gambaran Yesus dalam Injil-injil Sinoptis (atau bagian-bagian tertentu dari gambar tersebut) dianggap definitif; selanjutnya gambar sinoptis yang dimutlakkan itu dipertentangkan dengan gambar Yesus menurut Paulus. Atau (contoh lain) dipertentangkan antara Allah Perjanjian Lama dengan Allah Perjanjian Baru. Ditekankannya Alkitab sebagai keseluruhan juga merupakan protes terhadap metode para pengritik yang menekankan analisa melulu. Memang, kata kaum neo-orthodox, Alkitab dapat dibagi-bagi menurut sumber-sumbernya. Tetapi sesudah tugas analisa itu dikerjakan, apakah tidak dapat dikatakan sesuatupun tentang makna Alkitab sebagai keseluruhan? Diakui adanya perbedaan-perbedaan historis dan keanekaragaman penekanan-penekanan di dalam keseluruhan Alkitab itu. Tetapi menurut kaum neo-orthodox, suara-suara yang berlain-iainan itu merupakan suatu paduan suara yang harmonis. Alkitab berpengaruh terhadap iman Kristen bukan hanya melalui bagian ini atau bagian itu, melainkan juga berbicara melalui interelasi antara semua bagian yang terdapat dalam Alkitab itu. Contoh yang paling menyolok ialah: adalah merupakan aksioma, menurut kaum neo-orthodox, bahwa Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru bersama merupakan suatu kesatuan. Oleh karena itu, kaum Neoorthodox mengecam kecenderungan teologia liberal untuk mengabaikan Perjanjian Lama. Ditekankan bahwa cara berpikir orang Ibrani tidak hanya menjiwai seluruh Perjanjian Lama, melainkan mewarnai Perjanjian Baru juga. Bahkan ada yang mengatakan bahwa cara berpikir Ibrani itu justeru merupakan kunci yang membuka pengertian Perjanjian Baru. Kaum neo-orthodox menekankan bahwa Perjanjian Baru itu dapat disalah-mengerti sama sekali kalau dibaca dengan bantuan kategori-kategori Yunani yang laku pada abad yang pertama Masehi. Hanya jikalau orang membaca Perjanjian Baru menurut kategori-kategori Ibrani, dapatlah diperoleh pengertian yang sah. Pendek kata, keyakinan akan kesatuan Alkitab mendapat perhatian yang lebih besar, dibandingkan dengan yang lazim selama puluhan tahun sebelumnya. Analisa-analisa yang telah dibuat oleh para pengritik Alkitab telah merobohkan harmonisasi-harmonisasi yang kuna dan telah menyatakan keanekaragaman sumber-sumber Alkitab, baik dalam hal ketelitian historis, maupun dalam hal penekanan-penekanan teologisnya. Maka oleh kaum neoorthodox, pendekatan yang analitis itu diimbangi dengan pendekatan yang lebih bersifat sintetis.
d. Keneo-orthodoxan dan gerakan oikumenis
Sementara itu gerakan oikumene merupakan salah satu pusat kegiatan gereja, dan dalam gerakan itupun ditekankannya secara baru Alkitab membawa effek yang cukup besar. Ditekankan bahwa Alkitablah yang merupakan unsur pokok yang dimiliki oleh semua gereja-gereja bersama, sehingga kalau gereja-gereja dan tradisi-tradisi Kristen dapat mempererat hubungannya dengan Alkitab, pastilah mereka akan merasakan keakraban yang lebih erat- satu sama lain. Memang diakui adanya perbedaan faham antara tradisi yang satu dengan tradisi yang lain, tetapi ada anggapan bahwa perbedaan-perbedaan yang demikian itu sebenarnya berakar dalam perbedaan latar-belakang kebudayaan, filsafat, atau unsur-unsur non-Alkitabiah yang lain-lain lagi, yang telah diambil alih oleh masing-masing tradisi dalam proses perkembangan-historisnya. Maka timbul pemikiran bahwa, kalau tradisi-tradisi itu dibandingkan dengan Alkitab, unsur-unsur non-Alkitabiah itu akan nampak sebagai unsur-unsur heterogen, dan sekali hal itu disadari, maka unsur-unsur itu akan terhapus atau sedikit-dikitnya akan ditundukkan kepada pola-pola yang sungguh-sungguh Alkitabiah. Dengan perkembangan yang demikian, pastilah gereja-gereja akan merasa lebih dekat satu sama lain. Jadi usaha untuk memupuk penafsiran Alkitab bersama merupakan untuk yang penting dalam program diskusi oikumene.
e. Keneo-orthodoxan dan soal-soal sosio-politis
Diskusi oikumenis meliputi berbagai soal sosio-politik yang menarik perhatian gereja-gereja. Di situpun ditekankannya kewibawaan Alkitab dianggap sebagai sumbangan positif, karena dengan ditekankannya hal tersebut agaknya kehidupan gereja Kristen menjadi lebih terbuka kepada dunia, yaitu kepada problem-problem manusiawi dan bendawi. Agaknya dengan demikian kaum Kristen akan menjadi lebih sadar akan realita-realita bendawi dan praktis, sedangkan pemusatan perhatian kepada soal-soal spirituil dan idiil melulu, akan berkurang. Perhatian terhadap persoalan-persoalan politis dan bendawi adalah merupakan unsur yang menarik dalam berita Alkitab. Maka oleh karena itu orang-orang Kristen dan gereja-gereja Kristen berpaling kepada Alkitab dalam mencari jawaban-jawaban atas persoalan-persoalan demikian. Ada usaha misalnya untuk menggariskan pandangan Alkitabiah terhadap pekerjaan sehari-hari, atau terhadap soal kesehatan, atau soal kenegaraan, sehingga pokok-pokok yang demikian itu diteliti secara cukup mendalam.
Grekan Neo Orthodox Berlaku sampai pada tahun 1960, maka mulai tahun enam puluhan itu iklim teologia mengalami perubahan yang cukup hebat. Pola teologia yang bersifat otoriter, yaitu yang mengutamakan konsep penyataan, dan terutama teologia yang nampak dalam gerakan neo-orthodox, telah kehilangan daya-gerak dan daya-rangsangnya. Apa yang disebut "teologia filosofis bertentangan dengan "teologia Alkitabiah," telah nampak berpengaruh kembali. Ide-ide, yang oleh kaum neo-orthodox dianggap termasuk liberalisme yang sudah usang, sedang diperbincangkan kembali. Kadang-kadang timbullah kesan seolah-olah revolusi keneo-orthodoxan itu dalam bidang teologia tidak pernah terjadi, melihat bahwa begitu banyak prinsip-pokok dari pada gerakan neo-orthodox itu disangkal atau diabaikan.
Referensi:
Encyclopedia Universalis, cetakan tahun 1974, jilld III halaman 246 - 253, oleh S.P Sandraz
Prof. James Barr(The Bible in the Modern World)
versi Prancis: La Bible Le Coran Et La Science
Gerakan neo-orthodox itu menekankan bahwa iman mulai dengan Allah yang bersabda, dan Alkitablah yang menyaksikan Allah itu. Ada banyak orang, terutama di kalangan-kalangan yang berbahasa Inggris, yang tidak dapat menyetujui argumentasi-argumentasi khas yang dikemukakan teolog-teolog seperti Karl Barth.Pengaruh gerakan neo-orthodox itu tidak nampak dalam bentuk konkrit dan agak bersifat umum, namun cukup besar juga. Atau mungkin lebih tepat kalau kita berbicara bukan tentang pengaruh ke-neo-orthodox-an itu pada teologia secara keseluruhan, melainkan bahwa ke-neo-orthodox-an itu merupakan suatu gejala khas dari pada kecenderungan yang tersebar luas di seluruh bidang teologia Kristen.
Ciri-ciri keneo-orthodoxan
a. Unsur polemik terhadap fundamentalisme
Tetapi menjelang akhir perang dunia II, ada kesan bahwa kesulitan-kesulitan itu sudah mulai teratasi. Penekanan pada Alkitab yang menjadi ciri-khas dari pada teologia baru itu, tidaklah identik dengan fundamentalisme atau obskurantisme. Sebaliknya teologia neo-orthodox itu dianggap oleh penganut-penganutnya sebagai teologia yang sesuai dengan metode-metode research yang modern, yaitu penelitian historis. Bahkan gerakan baru yang kembali menekankan kewibawaan Alkitab ini justeru mengandung suatu polemik terhadap fundamentalisme, terhadap konservatisme yang bersifat biblisistik. Karena gerakan neo-orthodox itu beranggapan bahwa kaum fundamentalis memanglah mempertahankan konsep kewibawaan Alkitab secara lahiriah, namun gagal dalam menyadari dan meresapi logika-intern dari pada Alkitab sendiri. Jadi sejajar dengan pengritikannya terhadap teologia liberal yang telah mendahuluinya, gerakan neo-orthodox itu bercita-cita untuk menghargai kewibawaan Alkitab sambil mengaku-sah pendekatan kritis terhadap Alkitab. Sikap berpegang kepada Alkitab dianggap bukan sikap yang kolot, melainkan justeru sikap yang baru yang membebaskan, malah yang revolusioner.
b. Alkitab dipandang sebagai keseluruhan
Salah satu aspek dari cara-berpikir Neo Orthodox, ialah desakannya bahwa Alkitab dapat dan bahkan harus didekati secara keseluruhan. Penekanan yang demikian merupakan reaksi terhadap teologia liberal, yang sering memberi kesan seolah-olah memutlakkan satu unsur dari isi Alkitab. Misalnya, gambaran Yesus dalam Injil-injil Sinoptis (atau bagian-bagian tertentu dari gambar tersebut) dianggap definitif; selanjutnya gambar sinoptis yang dimutlakkan itu dipertentangkan dengan gambar Yesus menurut Paulus. Atau (contoh lain) dipertentangkan antara Allah Perjanjian Lama dengan Allah Perjanjian Baru. Ditekankannya Alkitab sebagai keseluruhan juga merupakan protes terhadap metode para pengritik yang menekankan analisa melulu. Memang, kata kaum neo-orthodox, Alkitab dapat dibagi-bagi menurut sumber-sumbernya. Tetapi sesudah tugas analisa itu dikerjakan, apakah tidak dapat dikatakan sesuatupun tentang makna Alkitab sebagai keseluruhan? Diakui adanya perbedaan-perbedaan historis dan keanekaragaman penekanan-penekanan di dalam keseluruhan Alkitab itu. Tetapi menurut kaum neo-orthodox, suara-suara yang berlain-iainan itu merupakan suatu paduan suara yang harmonis. Alkitab berpengaruh terhadap iman Kristen bukan hanya melalui bagian ini atau bagian itu, melainkan juga berbicara melalui interelasi antara semua bagian yang terdapat dalam Alkitab itu. Contoh yang paling menyolok ialah: adalah merupakan aksioma, menurut kaum neo-orthodox, bahwa Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru bersama merupakan suatu kesatuan. Oleh karena itu, kaum Neoorthodox mengecam kecenderungan teologia liberal untuk mengabaikan Perjanjian Lama. Ditekankan bahwa cara berpikir orang Ibrani tidak hanya menjiwai seluruh Perjanjian Lama, melainkan mewarnai Perjanjian Baru juga. Bahkan ada yang mengatakan bahwa cara berpikir Ibrani itu justeru merupakan kunci yang membuka pengertian Perjanjian Baru. Kaum neo-orthodox menekankan bahwa Perjanjian Baru itu dapat disalah-mengerti sama sekali kalau dibaca dengan bantuan kategori-kategori Yunani yang laku pada abad yang pertama Masehi. Hanya jikalau orang membaca Perjanjian Baru menurut kategori-kategori Ibrani, dapatlah diperoleh pengertian yang sah. Pendek kata, keyakinan akan kesatuan Alkitab mendapat perhatian yang lebih besar, dibandingkan dengan yang lazim selama puluhan tahun sebelumnya. Analisa-analisa yang telah dibuat oleh para pengritik Alkitab telah merobohkan harmonisasi-harmonisasi yang kuna dan telah menyatakan keanekaragaman sumber-sumber Alkitab, baik dalam hal ketelitian historis, maupun dalam hal penekanan-penekanan teologisnya. Maka oleh kaum neoorthodox, pendekatan yang analitis itu diimbangi dengan pendekatan yang lebih bersifat sintetis.
d. Keneo-orthodoxan dan gerakan oikumenis
Sementara itu gerakan oikumene merupakan salah satu pusat kegiatan gereja, dan dalam gerakan itupun ditekankannya secara baru Alkitab membawa effek yang cukup besar. Ditekankan bahwa Alkitablah yang merupakan unsur pokok yang dimiliki oleh semua gereja-gereja bersama, sehingga kalau gereja-gereja dan tradisi-tradisi Kristen dapat mempererat hubungannya dengan Alkitab, pastilah mereka akan merasakan keakraban yang lebih erat- satu sama lain. Memang diakui adanya perbedaan faham antara tradisi yang satu dengan tradisi yang lain, tetapi ada anggapan bahwa perbedaan-perbedaan yang demikian itu sebenarnya berakar dalam perbedaan latar-belakang kebudayaan, filsafat, atau unsur-unsur non-Alkitabiah yang lain-lain lagi, yang telah diambil alih oleh masing-masing tradisi dalam proses perkembangan-historisnya. Maka timbul pemikiran bahwa, kalau tradisi-tradisi itu dibandingkan dengan Alkitab, unsur-unsur non-Alkitabiah itu akan nampak sebagai unsur-unsur heterogen, dan sekali hal itu disadari, maka unsur-unsur itu akan terhapus atau sedikit-dikitnya akan ditundukkan kepada pola-pola yang sungguh-sungguh Alkitabiah. Dengan perkembangan yang demikian, pastilah gereja-gereja akan merasa lebih dekat satu sama lain. Jadi usaha untuk memupuk penafsiran Alkitab bersama merupakan untuk yang penting dalam program diskusi oikumene.
e. Keneo-orthodoxan dan soal-soal sosio-politis
Diskusi oikumenis meliputi berbagai soal sosio-politik yang menarik perhatian gereja-gereja. Di situpun ditekankannya kewibawaan Alkitab dianggap sebagai sumbangan positif, karena dengan ditekankannya hal tersebut agaknya kehidupan gereja Kristen menjadi lebih terbuka kepada dunia, yaitu kepada problem-problem manusiawi dan bendawi. Agaknya dengan demikian kaum Kristen akan menjadi lebih sadar akan realita-realita bendawi dan praktis, sedangkan pemusatan perhatian kepada soal-soal spirituil dan idiil melulu, akan berkurang. Perhatian terhadap persoalan-persoalan politis dan bendawi adalah merupakan unsur yang menarik dalam berita Alkitab. Maka oleh karena itu orang-orang Kristen dan gereja-gereja Kristen berpaling kepada Alkitab dalam mencari jawaban-jawaban atas persoalan-persoalan demikian. Ada usaha misalnya untuk menggariskan pandangan Alkitabiah terhadap pekerjaan sehari-hari, atau terhadap soal kesehatan, atau soal kenegaraan, sehingga pokok-pokok yang demikian itu diteliti secara cukup mendalam.
Grekan Neo Orthodox Berlaku sampai pada tahun 1960, maka mulai tahun enam puluhan itu iklim teologia mengalami perubahan yang cukup hebat. Pola teologia yang bersifat otoriter, yaitu yang mengutamakan konsep penyataan, dan terutama teologia yang nampak dalam gerakan neo-orthodox, telah kehilangan daya-gerak dan daya-rangsangnya. Apa yang disebut "teologia filosofis bertentangan dengan "teologia Alkitabiah," telah nampak berpengaruh kembali. Ide-ide, yang oleh kaum neo-orthodox dianggap termasuk liberalisme yang sudah usang, sedang diperbincangkan kembali. Kadang-kadang timbullah kesan seolah-olah revolusi keneo-orthodoxan itu dalam bidang teologia tidak pernah terjadi, melihat bahwa begitu banyak prinsip-pokok dari pada gerakan neo-orthodox itu disangkal atau diabaikan.
Referensi:
Encyclopedia Universalis, cetakan tahun 1974, jilld III halaman 246 - 253, oleh S.P Sandraz
Prof. James Barr(The Bible in the Modern World)
versi Prancis: La Bible Le Coran Et La Science